Partai Baru Amien Rais Deklarasi 17 Ramadan Usai Teraweh

TILIK.id, Jakarta — Tokoh nasional dan politisi senior Amien Rais punya partai baru. Namanya Partai Ummat. Parpol baru yang digagas pendiri PAN itu akan dideklrasikan pada 17 Ramadhan mendatang.

Partai Ummat sebenarnya sudah dibentuk, namun belum dideklarasikan. Amien Rais menyebut deklarasi sedianya pada Januari, namun karena banyak pertimbangan, utamanya karena Covid-19, maka belum bisa dilakukan.

Senin malam (1/3/2021) para pendiri yang dipimpin Amirn Rais menggelar rapat persiapan deklarasi. Dalam rapat, tanggal deklarasi disepakati pada 26 Maret 2021. Namun usulan Abdul Malik Muthalib Tuanaya mengusulkan pada 17 Ramadhan usai salat taraweh.

“Setelah tim inisiator pembentukan Partai Ummat di Jakarta malam ini yang dipimpin langsung oleh Pak Amien Rais bahwa deklarasi Partai Ummat akan dilaksanakan pada tanggal 17 Ramadhan. Setelah sholat tarawih, melalui virtual,” kata salah satu inisiator Partai Ummat, Agung Mozin kepada wartawan, Senin (1/3/2021).

Memang deklarasi Partai Ummat sejatinya hendak diadakan pada bulan Maret ini. Bahkan ada kesepakatan sebelumnya bahwa akan dideclarr pada Januari.

BACA JUGA :  Puluhan Jenderal Purn dan Professor Teken Petisi Rakyat Soal Pembunuhan 6 FPI

“Sesungguhnya acara deklarasi ini direncanakan tanggal 26 Maret ini, namun ada usulan yang cukup bagus dari salah satu peserta rapat sahabat kita Abdul Mutthalib Tuanaya (Bang Oni) agar dilaksanakan pada tanggal 17 Ramadhan tersebut,” ujar Agung.

“Pak Amien Rais dan peserta rapat semuanya menyetujui usulan tersebut. Semoga informasi tanggal pelaksanaan acara deklarasi ini sudah final dan tim sedang bekerja keras mempersiapkannya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Amien Rais berencana mendeklarasikan Partai Ummat di bulan Januari tahun 2021. Namun, Amien Rais memilih untuk menunda deklarasi partai barunya itu.

“Jadi memang mula-mula dulu Januari. Tapi ada pertimbangan politis dan psikologis ya, karena Covid-19, karena begini. Kalau kemudian kita nongol, mungkin wah seolah-olah kita kurang peduli pada masalah Covid, bencana dan lain-lain,” kata Amien Rais Januari lalu. (lms)

Komentar