oleh

Bayern Munich Kembali Puncaki Klasemen Liga Jerman

TILIK.id, Jakarta — Pemuncak klasemen Bundesliga Jerman berubah dinihari tadi, Ahad (20/12/2020). Setelah pekan lalu diduduki Bayer Leverkusen, di pekan ke 13 ini Bayern Munich mengambil alih.

Dalam tiga pekan terakhir, kedua tim saling bergantian memuncaki klasemen. Tiga pekan lalu Munich duduk di posisi pertama setelah 4 pekan tidak tergoyahkan. Begitu The Bavarian hanya mengoleksi 2 point dalam dua laga, Leverkusen lansung mengambilalih.

Pertemuan kedua tim dinihari tadi menjadi penentu apakah Leverkusen bisa mempertahankan puncak klasemen. Namun sayangnya tidak. Bayern Munchen menang 2-1 di kandang lawan.
Tambahan tiga point menjadikan gap menjadi dua point di antara Munich dan Leverkusen.

Leverkusen sempat menciptakan kejutan saat unggul terlebih dahulu melalui gol Patrick Schick pada menit ke-14.

Namun kesalahan yang dilakukan kiper Lukas Hradecky dan Jonathan Tah membuat Robert Lewandowski menyamakan kedudukan pada menit ke-43 sebelum penyerang Polandia itu mengemas gol penentu kemenangan pada menit ke-93.

Pada pertandingan yang dimainkan di BayArena itu, tuan rumah tampil gemilang pada awal laga. Schick melepaskan sepakan voli akurat tertuju ke gawang Bayern untuk membawa mereka unggul.

Schick kembali mengancam gawang Bayern yang dikawal Manuel Neuer beberapa saat kemudian, namun kali ini sepakannya ditepis sang kiper.

Bayern masih selamat dari ancaman berikutnya setelah Schick mencetak gol namun tidak disahkan karena offside setelah wasit menoleh VAR.

Menjelang turun minum, Bayern menyamakan kedudukan. Kiper Hradecky dan bek Tah tidak berkomunikasi dengan baik dalam mencegah umpan silang Thomas Mueller dan bertubrukan di udara, bola kemudian dengan mudah disundul masuk oleh Lewandowski menjadi gol.

Terjadi perubahan momentum pada babak kedua. Lewandowski memaksa kiper Hradecky melakukan penyelamatan. Hradecky kemudian harus menggagalkan peluang Leroy Sane yang diumpani Lewandowski.

Setelah mendominasi penguasaan bola, Bayern mendapat peluang bagus melalui pemain pengganti Jamal Musiala, namun tembakannya membentur tiang gawang Hradecky.

Gol penentu kemenangan baru tercipta dari sepakan terakhir di laga itu. Lewandowski mengeksploitasi kesalahan Tah untuk memaksimalkan operan Thomas Mueller dengan tembakan yang membobol gawang Leverkusen.

Kemenangan Bayern Muenchen itu sekaligus memastikan menutup 2020 dengan status pemuncak klasemen Bundesliga Jerman.

Di laga lain pekan ke-13 yang dimainkan lebih awal, tim posisi ketiga RB Leipzig membuang peluang untuk menduduki posisi teratas saat mereka ditahan imbang oleh tamunya Cologne. Hasil imbang itu juga sekaligus mengakhiri catatan 100 persen kemenangan kandang Leipzig.

Samentara itu Hoffenheim sukses mendulang tiga poin saat bertandang ke markas Borussia Moenchengladbach. Kemenangan yang mendongkrak mereka ke posisi ke-15, sedangkan Gladbach tertahan di posisi kedelapan.

Eintracht Frankfurt juga mengukir kemenangan di kandang lawan. Mereka sukses memukul tuan rumah Augsburg untuk mendongkrak posisinya ke posisi kesembilan. Augsburg yang sebelum laga menghuni posisi kesembilan, kini turun ke posisi kesepuluh.

Tim juru kunci Schalke 04 masih belum mampu mencatatkan kemenangan perdana musim ini. Mereka kalah dari tamunya Arminia Bielefeld, untuk membuat Schalke semakin terpuruk di dasar klasemen.

Pada pertandingan yang dimainkan pada Sabtu dini hari, tim posisi keempat Borussia Dortmund ditaklukkan tim kuda hitam Union Berlin. Hasil yang membuat Dortmund semakin jauh dari tiga tim teratas.

Putaran ke-13 masih menyisakan dua pertandingan lagi yang akan dimainkan pada Minggu malam dan Senin dini hari. Setelah itu Liga Jerman akan libur musim dingin dan baru dilanjutkan pada 2 Januari 2021. (lms)

Komentar