oleh

Jerman Hempaskan Ukraina 3-1

TILIK.id, Jakarta — Liga Negara-Negara Eropa atau UEFA Nations League memasuki laga ke 5. Sejumlah pertandingan digelar mulai Sabtu malam hingga Senin dinihari tadi. Salah satunya Jerman menghempaskan Ukraina dengan skor 3-1 di Divisi A Grup 4 (A4).

Timnas Jerman bangkit dari ketertinggalan dan mengirim Ukraina ke posisi rawan tidak lolos ke empat besar Divisi A. Jerman dan Spanyol memiliki peluang besar maju ke divisi utama.

Jerman menekan sejak awal. Namun harus tertinggal lebih dulu karena Roman Yaremchuk melepaskan tembakan keras ke pojok kanan atas gawang untuk menaklukkan kiper Manuel Neuer pada menit ke-12.

Tertinggal 1 gol, gelandang serang Leroy Sane sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-23 ketika melakukan tusukan setelah menerima umpan sodoran Leon Goretzka.

Pada menit ke-33, Timo Werner membawa Jerman berbalik memimpin dengan sundulan jarak dekat menyambut umpan silang Goretzka dan keunggulan itu bertahan hingga bubaran babak pertama.

Tujuh menit memasuki babak kedua, Olexandr Zincehncko hampir membuat kedudukan kembali imbang, tetapi tembakannya yang sudah tak terjangkau Neuer malah membentur tiang gawang.

Werner mencetak gol keduanya pada menit ke-64 lewat tembakan yang sempat membentur pemain belakang Ukraina sebelum melesat memperdaya kiper Andriy Pyatov dan keunggulan Jerman bertambah jadi 3-1.

Dua peluang Ukraina gagal jadi gol karena membentur tiang gawang. Tercatat tiga tendangan dari tim yang diasuh Andry Sevchenko itu kandas di tiang gawang.

Atas kemenangan ini, tim besutan Joachim Loew tersebut mengambil alih posisi puncak klasemen Grup A4 karena Spanyol ditahan imbang Swiss dalam pertandingan lain.

Jerman yang memiliki sembilan poin dan unggul satu poin atas Spanyol akan memperebutkan tiket ke babak empat besar ketika keduanya berhadapan di Stadion La Cartuja, Sevilla, pada Selasa besok (17/11). (bms)

Komentar