oleh

Finlandia Permalukan Francis di Kandang, Jerman Tekuk Ceko 1-0

TILIK.id, Jakarta — Juara dunia Prancis dipermalukan Finlandia dalam laga persahabatan sepakbola dunia. Tuan rumah keok 2-0 di tangan tim medioker tersebut.

Finlandia pun disebut mencetak kemenangan bersejarah di Stade de France, Saint-Denis, Kamis dimihari tadk WIB. Kemenangan Finlandia merupakan yang pertama setelah 7 pertemuan terdahulu.

Dua gol dari Marcus Forss dan Onni Valakari yang dicetak pada babak pertama dan hanya berjarak tiga menit antara satu sama lain, menyokong kemenangan Finlandia tersebut.

Prancis mengancam lebih dulu melalui situasi sepak pojok yang dikirimkan Lucas Digne dan disambut Marcus Thuram, tetapi tandukan penyerang Borussia Moenchengladbach itu masih membentur mistar gawang.

Di tengah tekanan, Finlandia justru mencuri keunggulan lewat Forss yang berhasil mengatasi kawalan Clement Lenglet sebelum melepaskan tembakan yang menaklukkan kiper Steve Mandanda pada menit ke-28.

Prancis dikejutkan lagi dengan gol kedua tiga menit berselang lewat sebuah serangan balik yang diakhiri sepakan sempurna Valakari ke pojok kiri atas gawang. Kiper Mandanda tak berkutik.

Prancis selanjutnya terus mendominasi permainan hingga memiliki 71 persen penguasaan bola sepanjang laga, dan melepaskan tak kurang dari 24 percobaan tembakan yang tak satu pun berbuah gol.

Di laga persahabatan lain, Jerman cuma meraih kemenangan tipis 1-0 atas Republik Ceko di Stadion Red Bull Arena, Leipzig, Rabu waktu setempat atau Kamis dinihari tadi.

Gol kemenangan itu dicetak oleh Gian-Luca Waldschmidt dengan sontekan mudah pada menit ke-13 menyambut umpan tarik matang kiriman Philipp Max yang melakoni debutnya bersama Tim Panser.

Gol Jerman ke gawang Ceko pada laga persahabatan internasional dinihari tadi

Jerman tampil dominan sepanjang babak pertama, tetapi Julian Brand, Ridle Baku dan Nadiem Amiri membuang banyak kesempatan bagus untuk menambah keunggulan The Manschaf.

Lini belakang Jerman yang kebobolan sembilan gol dalam lima penampilan terakhir kembali tampil mengkhawatirkan di sepanjang babak kedua.

Ceko lebih dominan di babak kedua tetapi tak banyak mampu menciptakan peluang berbahaya, justru Jerman yang memperoleh kesempatan lewat tembakan keras Florian Neuhaus yang masih membentur mistar gawang.

Tim tamu hampir menyamakan kedudukan delapan menit jelang bubaran lewat tandukan tajam Matej Vydra menyambut umpan silang Jakub Jankto tetapi kiper Kevin Trapp melakukan penyelamatan gemilang untuk mengamankan kemenangan Jerman.

Jerman selanjutnya akan menjamu Ukraina pada Sabtu (14/11) dan bertandang ke Spanyol tiga hari kemudian dalam rangkaian kelanjutan Divisi A Grup 4 (A4) UEFA Nations League. (bms)

Komentar