oleh

Liga Champions, Bayern Menang Besar atas Atletico, Real Madrid Keok di Kandang

TILIK.id, Jakarta — Raksasa Jerman Bayern Munchen mengawali fase grup A Liga Champions dengan menang telak atas tim Spanyol Atletico Madrid. Sementara tim pemegang 13 tropi Real Madrid keok di kandang saat menjamu Shaktar Donetsk dengan skor 2-3.

Bayer mengawali laga dengan kepercayaan tinggi sebagai juara Liga Champions musim lalu. Kinsley Coman yang mencetak gol tunggal di final saat lawan PSG kembali menunjukkan kualitasnya.

Di menit ke-28 dia bergerak di kiri. Umpan didapat dari Joshua Kimmich, lalu bergerak masuk kotak penalti. Dengan tendangan mendatar namun melengkung memperdayai kiper Atletico Madrid. 1-0 untuk Bayern Munich.

Keunggulan satu gol tak membuat Manuel Neuer kendor. Serangan terus dibangun meski mendapat perlawanan dari Atletico Madrid. Terbukti ketika giliran Leon Goretzka menjebol gawang anak asuh Diego Simeone itu.

Gol Goretzka juga tak lepas dari aksi apik Kinsley Coman. Di depan kotak penalti, Coman melewati dua pemain belakang Atletico. Di hadangan pemain ketiga, Coman melepas umpan 5 meter ke Goretzka yang berdiri bebas. Dengan kaki kanan dia pun menambah skor menjadi 2-0.

Kedudukan 2-0 bertahan sampai akhir babak pertama. Namun di babak kedua, The Bavarian kembali mencetak dua gol. Pertama lewat tendangan spektakuler Corentin Tolisso dari jarak 22 meter.

Gol pemain tengah ini seperti mengingatkan aksi-aksi brilian Thiago Alcactara yang pindah ke Liverpool. Peran dan posisi Tolisso pun diplot sebagai pengganti Thiago.

Skor 3-0 untuk Bayern di menit ke-66 itu seperti akan terkunci. Namun lagi-lagi Kinsley Coman kembali beraksi. Kali ini berpindah ke kanan. Umpan panjang datang dari Thomas Muller, dengan menggirig bola masuk kotak penalti, dia pun kembali mengecoh 3 pemain belakang untuk mecetak gol 4-0.

Atletico Madrid merana. Luis Suarez tak berkutik. Memang ada gol yang dilesatkan Joao Felix, namun gol itu dianulir wasit karena dua pemain Atletico dalam posisi offside.

Kemenangan Bayern Munchen mengantarnya ke puncak klasemen grup A. Anak asuh Hans Dieter Flick itu mengemas 3 poin dengan sekali main. Lokomotiv Moscow di urutan kedua dengan 1 point bersama Salzburg.

Di laga lain, Real Madrid dikagetkan dengan 3 gol pertama tamunya, Shaktar Donetsk. Tiga gol itu datang dari Tete di menit ke-29, dan Manor Solomon di menit ke-42. Satu gol lainnya merupakan gol bunuh diri stoper Raphael Varane.

Pemain Real Madrid kecewa setelah kalah.

Di babak kedua, El Real bangkit. Di menit ke-54 Luca Modric mencetak gol hasil sodoran Marcelo. Lima menit kemudian giliran Vinicius Junior menjebol gawang Anatolli Trubina sehingga skor menjadi 2-3.

Harapan Real Madrid untuk menyamakan kedudukan gagal setelah gol Federico Velverde dianulir wasit. Sampai babak kedua habis, Real Madrid tetap kalah.

Manchester City mengemas tiga point setelah menang 3-1 atas FC Porto. Porto mencetak gol lebih dulu lewat aksi Luiz Diaz di menit ke-14. Baru enam menit kemudian anak asuh Pep Guardiola itu membalas lewat tendangan penalti Sergio Aguero. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, City memasukkan gol keunggulan berkat aksi Ilkay Guendogan di menit ke-65. Kemudian ditambahkan lagi oleh Ferran Torres di menit ke-73. Hasil akhir Manchester City menang 3-1.

Sementara itu, juara Champions dua musim lalu, Liverpool, mendapat hadiah gol kemenangan dari Ajax Amaterdam, setelah Nicolas Tagliafico membuat gol bunuh diri. Gol itulah yang memenangkan anak asuh Juergen Klopp itu.(lns)

Komentar