oleh

Momentum Kemerdekaan, Anies Bangun Kampung Akuarium

TILIK.id, Jakarta — Memenuhi kebutuhan fundamental warga Jakarta menjadi janji dan komitmen Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Di momentum Hari Kemerdekaan 17 Agustus Anies memenuhi janjinya dengan membangun perumahan di Kampung Akuarium.

Pembamgunan perumahan untuk warga Kampung Akuarium ditandai dengan peletakan batu pertama pada Senin, 17 Agustus 2020, di lokasi.

“Kita bersyukur, hari ini 17 Agustus 2020 menjadi bersejarah karena insyaAllah babak baru Kampung Akuarium dimulai. Ini adalah pembangunan Kampung Susun yang pertama dikerjakan di DKI Jakarta. Hari kemerdekaan republik ini insyaAllah dirayakan juga sebagai kemerdekaan warga Kampung Akuarium,” kata Anies dikutip dari akun medsosnya, Selasa (18/8/2020).

Anies mengatakan, di tempat ini kita ingin menghadirkan keadilan, kita ingin seluruh warga memiliki hunian layak sehingga mereka dapat bertumbuh kembang menjadi warga kota yang tetap mempertahankan karakter kampung.

Karena Jakarta memiliki tradisi panjang tentang perkampungan, kampung harus berkembang dan warganya harus merasakan kebahagiaan di dalamnya.

“InsyaAllah apa yang dikerjakan di Kampung Akuarium akan diteruskan di tempat-tempat lain yang sudah masuk dalam rencana kita (penataan 21 kampung). Semoga yang kita mulai di tempat ini akan menjadi tonggak baru penataan kampung di seluruh Indonesia juga,” ujar Anies.

Dijelaskan Anies, perencanaan kampung susun ini sudah tiga tahun, melibatkan warga dan proses penyusunannya panjang. Ada aspirasi yang bermacam-macam, membutuhkan kesabaran ekstra dalam perencanaan ini, sehingga matang untuk dieksekusi dan semoga lancar hingga tuntas.

“Hari ini bisa terwujud berkat dukungan berbagai pihak, di antaranya para anggota dewan, organisasi masyarakat yang membela warga Kampung Akuarium, Rujak Centre, JRMK, UPC, mahasiswa dan lembaga internasional yang juga melakukan penelitian serta menyumbangkan idenya untuk pembangunan Kampung akuarium,” kata Anies

Tak lupa Anies menyebut PT Almaron Perkasa sebagai pihak swasta yang berkolaborasi dalam pembangunan Kampung Susun Akuarium.

“Perjalanan kita masih panjang, ini masih satu babak lagi, babak pembangunan, kita harus tetap kerja keras, kerja tuntas, rendah hati, dan kita memohon kepada Allah dimudahkan dalam pembangunan ini serta berdoa agar diberikan kesehatan agar nantinya dapat menempati kampung susun ini pada akhir 2021,” pungkas Anies. (lme)

Komentar