oleh

Presiden AS Donald Trump Akhiri Hubungan dengan WHO

TILIK.id, Jakarta — Bulan lalu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menghentikan dukungan dana yang selama ini diberikan kepada Organisasi Kesehatan Dunia WHO (World Health Organisation). WHO dianggap gagal berbuat banyak mengatasi pandemi Covid-19.

Rupanya keputusan Donald Trump itu berbuntut panjang. Bahkan hubungan AS dan WHO makin panas. Trump akhirnya memutuskan hubungannya dengan badan dunia untuk kesehatan tersebut.

Pemutusan hubungan itu disampaikan Presiden AS Donald Trump dalam jumpa pers di Gedung Putih, Jumat waktu setempat yang dilansir AFP, Sabtu (30/5/2020).

Trump mengakhiri hubungan setelah organisasi di bawah PBB itu gagal melakukan reformasi yang diminta dan sangat dibutuhkan.

“Kita hari ini akan mengakhiri hubungan kita dengan Organisasi Kesehatan Dunia,” kata Trump.

Salanjutnya Trump mengatakan AS akan mengalihkan dana yang sebelumnya dialokasikan ke WHO ke lembaga-lembaga lainnya di seluruh dunia yang lebih pantas dan lebih membutuhkan bantuan kesehatan masyarakat.

Kemarahan Donald Trump dengan WHO dimulai bulan lalu dengan membekukan pendanaan untuk WHO setelah menuduh badan kesehatan dunia itu melakukan salah urus atas pandemi Corona.

Kemudian 10 hari lalu, Trump menuduh WHO menjadi boneka China, dan menyatakan pembekuan dana ke WHO akan bersifat permanen jika badan tersebut tidak melakukan perbaikan besar.

Tak hanya itu, Trump pun kembali menyalahkan China atas pandemi Corona yang telah menewaskan ratusan ribu orang di dunia, termasuk lebih dari 100 ribu orang di AS.

“Dunia sekarang menderita sebagai akibat dari kecerobohan pemerintah China. Dunia membutuhkan jawaban dari China tentang virus ini. Kita harus memiliki transparansi,” beber Donald Trump. (lms)

Komentar