oleh

Jokowi Minta Tunjukkan Negara Sukses dengan Lockdown, Netizen: Tuh Vietnam

TILIK.id, Jakarta — Presiden Jokowi pernah meminta ditunjukkan negara mana yang sukses memberantas Covid-19 dengan cara lockdown. Permintaan Jokowi itu kini dijawab oleh nitezen dengan menyebut negara Vietnam.

Netizen dari berbagai platform media sosial itu sekaligus mengapresiasi pemimpin Vietnam yang berhasil mencagah virus yang terbukti tidak ada angka kematian di negara tersebut.

Sebaliknya netizen mempertanyakan kebijakan Jokowi yang menerapkan Pembatasan Sosial Beskala Besar (PSBB) yang dari data per hari kasus positif Covid—19 terus bertambah.

Vietnam seperti diketahui telah melonggarkan kebijakan social distancing akibat pandemi virus corona Covid-19. Penghentian kebijakan itu terjadi setelah mereka melaporkan tidak ada kasus baru Covid-19 selama enam hari berturut-turut.

Langkah Vietnam itu menjadi perbincangan di medsos. Seratus ribu lebih kicauan tentang Vietnam sejak Vietnam mencabut pembatasan jarak sosial rakyatnya.

Misalnya akun @chasingbleu memuji Vietnam yang mampu mengatasi pandemi dengan nol kematian dan kasus kurang dari seribu.

“Saya sangat memuji bagaimana Vietnam dapat mengatasi pandemi ini. Dengan nol kematian, kurang dari seribu kasus, dan tidak ada kasus baru selama 8 hari berturut-turut sekarang, katakanlah: SANA ALL. #ECQSeason3,” kicau @chasingbleu.

Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai juga angkat suara menyindir Jokowi. Bahwa ada negara yang sukses mencegah kematian akibat Covid-19 dengan kebijakan lockdown, yakni Vietnam.

“Pak Jokowi sy mau tunjukkan negara yang Lockdown tapi sukses, tdk ada yg meninggal dunia yaitu VIETNAM, ngr dekat episentrum Convid-19. Tolong terukur agar jaga kredibilitas dan martabat sbg Kepala Negara RI. (Natalius Pigai, Aktivis Kemanusiaan),” kicaunya di akun @NataliusPigai2.

Presiden Joko Widodo sebelumnya memberi alasan mengapa tidak menerapkan lockdown. Bahwa tidak ada negara yang berhasil menerapkan lockdown dalam menangani pandemi corona. Jokowi pun menjawab kecurigaan publik bahwa negara tidak punya anggaran jika dilakukan lockdown.

“Bukan karena masalah bujet, kita kan juga belajar dari negara-negara lain. Apakah lockdown itu berhasil menyelesaikan masalah, kan tidak,” ujar Jokowi dalam wawancara eksklusif di acara Mata Najwa yang disiarkan Trans7, Rabu (22/4).

Di medsos kagi, akun @adam_lukman meminta Indonesia lebih dari Vietnam. Sebab, dia menyebut indeks pembangunan manusia dan sistem kesehatan Indonesia lebih baik dari Vietnam.

“Congratulations Vietnam! Indonesia jangan kalah! Indeks pembangunan manusia dan sistem kesehatan nasional,” ciutnya. (lma)

Komentar