Resmi, Euro 2020 Ditunda Tahun Depan

TILIK.ID, London-UEFA secara resmi mengumumkan penundaan Piala Eropa atau Euro 2020 menjadi tahun depan, Keputusan ini diambil sebagai upaya memprioritaskan kesehatan akibat pandemi COVID-19.

UEFA sudah membentuk pokja untuk menjadwal ulang kompetisi-kompetisi domestik dan Eropa seperti Liga Champions dan Liga Europa bisa tetap dirampungkan untuk musim 2019/20.

Selain mengumumkan penundaan Euro 2020, UEFA juga menegaskan bahkan semua kompetisi dan pertandingan (termasuk uji coba) baik di level klub maupun tim nasional, putra maupun putri, yang berada di wilayah kewenangan mereka dilarang dilangsungkan sampai pengumuman lebih lanjut.

Pertandingan playoff Euro 2020 yang sedianya digelar bulan ini juga diundur ke awal Juni sembari memperhatikan peninjauan ulang situasi nanti.

“Sebagai badan pengelola sepak bola Eropa, penting bagi UEFA untuk memimpin dan melakukan pengorbanan paling besar,” kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, dalam pernyataan yang disiarkan laman resmi UEFA, Selasa.

“Memindahkan jadwal Euro 2020 tentunya menghabiskan ongkos besar bagi UEFA, tetapi kami akan berusaha sekuat tenaga menjaga pembiayaan bagi pengembangan sepak bola akar rumput dan putri di 55 negara tak terdampak,” ujarnya.

BACA JUGA :  Tantang Italia, Inggris untuk Pertama Kalinya Cicipi Final Euro Sejak 1960

UEFA mengusulkan 11 Juni sampai dengan 11 Juli 2021 sebagai waktu penyelenggaraan Euro terbaru sembari memastikan para pemilik tiket dan klien terjaga haknya untuk turnamen, tahun depan. (iwk/ant/uefa)

Komentar