Pendaftaran Burhanuddin sebagai Calon Bupati Bombana Diterima PDIP dan PKS

TILIK.ID — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Bombana. Ir H Burhanuddin MSi ikut mendaftar dan berkasnya diterima.

Mantan Pj Bupati Bombana Ir H Burhanuddin MSi lebih dulu mendaftar di PKS. Saat masuk kantor PKS, Burhanuddin sempat berbincang-bincang dengan petinggi PKS Bombana.

Ketua DPD PKS Bombana, Aflan Zulfadli, ST., M.Eng, mengatakan PKS memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik daerah tersebut untuk mendaftar dan mengikuti penjaringan sebagai bakal calon Bupati dan wakil Bupati Bombana periode 2024-2029.

Pembukaan ini dilakukan mengingat situasi politik lokal yang sangat dinamis, dengan posisi PKS saat ini memiliki dua kursi dan membutuhkan koalisi untuk dapat mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati.

“Kami membuka ruang seluas luasnya kepada semua putera puteri terbaik daerah ini untuk mendaftar dan mengikuti proses penjaringan di PKS,” ujar Aflan Zulfadli.

Di PKS, mantan Pj Bupati Konawe Kepulauan itu mendapatkan formulir pendaftaran lalu mengisinya. Sejumlah relawan pendukung tampak hadir mengiringi.

BACA JUGA :  Jokowi akan ke Buton, Komandan Korem Pimpin Apel Siaga Pengamanan VVIP
Ir H Burhanuddin MSi (tengah) saat usai mendaftar sebagai calon Bupati Bombana di kantor PDIP Bombana.

Setelah mendaftar di PKS, Burhanuddin kemudian mendaftar di PDIP. Dia pun diterima petinggi partai berlambang moncong putih itu. Usai mendaftar, Burhanuddin yang didampingi istri Hj Fatmawati Kasim Marewa berfoto bersama dengan memperlihatkan berkas pendaftarannya.

Burhanuddin juga dipastikan akan mendaftar ke parpol lain, baik saat membuka pendaftaran maupun tidak. Gerindra, PKB, PBB, PPP, NasDem,  Golkar maupun PAN akan dimasukinya.

Ir H Burhanuddin MSi mendaftar sebagai calon bupati Bombana untuk mendapatkan rekomendasi dan dukungan parpol. Dalam UU, syarat usungan parpol untuk kepala calon kepala daerah adalah 20 persen kursi atau gabungan kursi atau 25 persen suara perpol atau gabungan suara parpol.

Peluang Burhanuddin untuk diusung sebagai calon bupati Bombana terbuka luas mengingat survei elektabilitasnya cukup tinggi. Parpol tentu akan mengusung figur yang potensi menangnya. cukup besar.

Tak hanya itu, Ir H Burhanuddin MSi juga dipandang sukses membangun Bombana saat menjadi penjabat bupati. Kinerjanya diakui walau hanya 15 bulan memimpin Bombana.

“Variabel elektabilitas dan kinerja yang diakui masyarakat Bombana insha Allah akan menjadi pertimbangan parpol untuk mengusung H Burhanuddin menjadi bupati Bombana,” kata Syahrir Lantoni dari BUR Center, Kamis (18/4/2024).

BACA JUGA :  Jokowi Resmikan Ikon Baru Kota Kendari

Secara pengalaman di pemerintahan, kata Syahrir Lantoni, Ir H Burhanuddin MSi sangat sarat dengan pengalaman menjadi kepala daerah.

“Burhanuddin pernah menjabat Bupati Buton Utara, pernah Pj Bupati Konawe Kepulauan, pernah menjabat Sekda Buton Utara, dan terakhir pernah memimpin Bombana dengan sukses sebagai Pj bupati,” ujar Syahrir Lantoni. |..

Komentar