Tokoh Masyarakat Akui Burhanuddin Telah Berbuat Banyak untuk Bombana

TILIK.ID — Tokoh masyarakat Adat Moronene Poleang, Mokole Patani, Kabupaten Bombana, Mohammad Ali, memandang Ir H Burhanuddin MSi telah berbuat banyak untuk kemajuan Bombana.

Salah satu perhatiannya ditunjukkan terhadap pemberdayaan masyarakat adat, dengan memberikan alokasi program yang berkaitan untuk kemajuan dan perlindungan termasuk pelestarian melalui lembaga adat wilayah Poleang.

“Sepanjang pengamatan kami, kurun waktu satu tahun tiga bulan bertugas di Bombana, pak Burhanuddin cukup banyak memberikan kemajuan, perubahan signifikan jelas terlihat, salah satunya perhatian beliau terhadap pemberdayaan masyarakat, khususnya masyarakat adat,” kata Ali dikutip Rabu (6/12/2023).

Ali menyebut Burhanuddin memberikan perhatian dengan alokasi program yang berkaitan kemajuan dan perlindungan, termasuk melestarikan adat istiadat dan budaya di daerah Kabupaten Bombana.

“Pak pj Bupati itu tidak tanggung tanggung mengalokasikan anggaran untuk pemeliharaan, perbaikan rumah adat Moronene di Poleang. Yang kedua beliau juga memberikan perhatian khusus terhadap bagaimana memelihara simbol-simbol adat khususnya miniatur pajangan pada desain tampilan bangunan gedung pemda. Menurutku ini adalah nilai plus juga buat saya,’ kata Ali.

BACA JUGA :  Gempa Magnitudo 7.3 SR Landa Maluku Tenggara

Lebih lanjut Ali menyampaikan bahwa Burhanuddin juga mampu memberikan suprise untuk wilayah Kabaena dengan memberikan program energi listrik sampai 24 jam.

“Itu juga sebuah kado istimewa di momentum ulang tahun Bombana yang ke 20, karena sejak 20 tahun Bombana mekar, barusan tahun ini masyarakat di Kabaena merasakan menyala lampu 24 jam,” ungkap Ali.

Salah satu gagasan besar Burhanuddin yang sangat menyentuh untuk memajukan daerah Bombana adalah “One Village, One Product” atau satu desa, satu produk.

“Sebetulnya program tersebut sangat menyentuh sekali dan menjadi salah satu inovasi beliau untuk memajukan daerah Bombana,” ujarnya.

Ia menyadari, meski saat ini Burhanuddin tidak bersama mereka di Bombana, namun Ali berharap, program yang sudah dilaksanakan olehnya bisa dilanjutkan ataupun dilaksanakan oleh pimpinan baru. Apalagi jika kinerjanya minimal bisa menyamai yang telah dilakukan Burhanuddin.

“Beliau mampu merubah wajah kota menjadi menarik dan memiliki nuansa kota. Sehingga saat kita berkunjung ke Bombana sudah bisa membedakan antara ibukota dan Kecamatan.

BACA JUGA :  Pemkab Bombana Beri Perhatian Besar Masalah Kekerasan pada Perempuan dan Anak

Di samping itu menurut Ali, selama kurun waktu satu tahun tiga bulan, Burhanuddin mampu menjaga harmoni birokrasi. Salahsatunya ditunjukkan tidak melakukan rotasi jabatan. Artinya beliau konsisten untuk memberikan ruang kepada aparatnya bekerja sesuai dengan fungsinya masing masing.

Ali juga berharap sosok seperti Burhanuddin selalu hadir di tengah masyarakat Bombana. Sehingga mampu dan bisa sejajar dengan kabupaten kabupaten lain yang sudah lebih dulu maju.  | • lim

Komentar