Selama Kabupaten Bombana Berdiri, Hanya Bupati Ini Kunjungi Desa Lengora Pantai

TILIK.ID — Desa Lengora Pantai di Kecamatan Kabaena Timur berada di Pulau Kabaena. Desa ini masuk daerah terbelakang, meski tidak terisolasi. Akses ke desa ini hanya jalan bebatuan dan belum diaspal.

Desa Lengora Pantai ditempuh cukup lama, sekitar 1 jam, meski jaraknya tidak sampai 15 kilometer. Tidak banyak yang bisa bisa datang ke desa ini, termasuk kepala daerah yang pernah menjabat.

Namun, ketika Pj Bupati Bombana Ir H Burhanuddin MSi berkunjung pada Sabtu malam (4/11/2023), masyarakat desa langsung berteriak berkali-kali: Lanjutkan!!

Mengapa? Rupanya selama Kabupaten Bombana berdiri, baru kali ini ada bupati yang berkunjung. Puluhan tahun desa ini tak pernah didatangi oleh kepala daerahnya. Makanya tak heran ketika Pj Bupati Bombana Ir H Burhanuddin MSi saat datang bersilaturahmi, masyarakat betul-betul mengapresiasinya.

Menyambut kedatangan Pj Bupati H Burhanuddiin, aparat desa menyiapkan lokasi silaturahmi di halaman kantor Badan  Permusyawaratan Desa (BMD). Ada dua ekor sapi dipotong untuk Pj Bupati dan istri.

Menurut pengakuan warga, kehadiran Pj Bupati Bombana sangat melegakan masyarakat. Warga bisa bersilaturahmi dan berdialog langsung dengan Bupati Burhanuddin. Warga pun akhirnya bisa mengampaikan aspirasinya, keluhan dan kebutuhannya.

BACA JUGA :  PKB Serahkan B1 KWK kepada Burhanuddin-Ahmad Yani untuk Pilkada Bombana

Warga mengakui Pj Bupati H Burhanuddin adalah sosok yang peduli kondisi masyarakat dan solutif. Terbukti ada tiga permintaan warga segera ditindaklanjuti. Yaitu, Jalan, bendungan, dan signal jaringan seluler.

Kehadiran Burhanuddin di Desa Lengora Pantai untuk menyapa masyarat membuka memori puluhan tahun sebelumnya. Kepala daerah seperti bupati, Pj bupati, Plh bupati atau Plt bupati tidak pernah sekali pun datang berkunjung.

Di masa kepemimpinan Atiku Rahman, kemudian dilanjutkan oleh Plt bupati Hakku Wahab, kemudian H Tafdil, lalu Plh bupati Ibu Saleha, dan dilanjutkan oleh H Tafdil, kesemuanya menurut masyarakat belum pernah ke desa ini.

“Pak Pj ini luar biasa, datang ke sini untuk memenuhi janjinya bertemu masyarakat. Akses jalan yang parah dilaluinya sambil mencari solusi bersama warga. Ini luar biasa,” kata Hasyim, salah seorang warga.

Pj Bupati Bombana Ir H Burhanuddin MSi, mengatakan kunjangannya ke Desa Lengora Pantai sudah lama dia rencanakan. Malam ini dia buktkan komitmennya menemui warga yang dianggapnya semua sebagai saudara.

“Malam ini adalah bagian dari komitmen saya untuk menemui saudara-saudara saya di sini. Silaturahmi ini sudah saya rencanakan, dan Allah menyetujui bahwa malam ini saya diizinkan bertemu dengan saudara-saudara saya,” kata Burhanuddin dalam pidatonya.

BACA JUGA :  Pj Bupati Bombana Naikkan Gaji Petugas Kebersihan dan Pertamanan

Dia mengaku merasakan kehangatan pertemuan ini lantaran selama di Kabupaten Bombana selalu mengingatkan bahwa kita semua selalu bersaudara.

“Kapan kita merasakan persaudaraan, maka kita akan merasa tidak ada lagi rasa dengki, kita tidak akan saling menghina. Pasti kita akan selalu menyayangi,” kata Burhanuddin.

Karena rasa sayang itulah, tambah Burhanuddin, dirinya datang membawa diri, memperkanalkan diri bertemu langsung berjabat tangan, dan akan selalu bersaudara.

“Saya sudah mendengar beberapa kepala desa betapa sulitnya akses jalan ke Desa Lengora Pantai ini. Insha Allah malam hari ini, saya akan berjanji untuk menimal memperbaiki jalan akses masuk di tahun 2024,” kata Burhanuddin disambut tepuk tangan camat, kepala desa, tokoh masyarakat, dan kaum ibu-ibu.

Burhanuddin berjanji, insha Allah tahun 2024 akses jalan masuk ke Lengora Pantai akan diperbaiki. “Itu yang pertama,” ujar Burhanuddin menjawab permintaan masyarakat.

Yang kedua, Burhanuddin juga berjanji menghadirkan jaringan komunikasi melalui Dinas Kominfo Kabupaten Bombana. Kepala Dinas Kominfo Sopian Baco menyanggupi akan terus meminta ke pemerintah pusat.

BACA JUGA :  Tarian Adat Sambut Kunker Pj Bupati Bombana dan Ketua TP-PKK di Mataoleo

Permintaan ketiga yang akan ditindaklanjuti Pj Bupati adalah kebutuhan bendungan. Kepala Dinas PU dan TR menyatakan siap mengusahakan adanya bendungan itu.

Pj Bupati Burhanuddin kemudian menyebut yang keempat adalah imbauan kepada seluruh masyarakat Lengora Pantai untuk jangan pernah lupa bahagia. (lis)

Komentar