Ir H Burhanuddin M.Si Pimpin Tim Bombana Hadiri Rakernas XV Apkasi

TILIK.ID — Penjabat Bupati Bombana Ir H Burhanuddin M.Si memimpin pemerintah Kabupaten Bombana menghadiri Rakernas XV Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Indonesian Convention Exhibition (ICE) di BSD Tangerang, Kamis (20/7/2023).

Ketua Dekranasda Bombana Hj Fatmawati Kasim Marewa S.Sos juga hadir bersama Tim yang ambil bagian dalam fashion show kain tenun khas Bombana di arena APKASI Otonomi Expo (AOE).

Pj Bupati membawa tim dari Dinas Pariwisata, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, Dinas Perdagangan, Dinas Kominfo, PKK, Dekranasda,  dan Tenaga Ahli.

Rakernas XV dan APKASI Expo 2023 dibuka Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, dan dihadiri Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Katua KPK Firli Bahuri, Dubes Kerajaan Arab Saudi, Dubes Uni Emirat Arab, Dubes Srilanka, Dubes Timor Leste dan perwakilan negara sahabat.

Hadir pula Ketua Umum APEKSI Bima Arya, para bupati dan jajarannya, Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan sejumlah pengusaha, buyer, dan investor.

BACA JUGA :  Pendaftaran Burhanuddin sebagai Calon Bupati Bombana Diterima PDIP dan PKS

Rakernas XV mengambil tema “Kesiapan Daerah dalam menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024”. Sedangkan tema APKASI Otonomi Expo yaitu “Meningkatkan Jenaring Pasar Global untuk Daerah yang Lebih Kuat”.

 

Ketua TP PKK Bombana yang juga Ketua Dekranasda Hj Fatmawati Kasim M (dua dari kanan) mendampingi Pj Bupati foto bersama tim Dekranasda Bombana di Otonomi Expo 2023.

Menteri Dalam Negeri yang juga Ketua Dewan Pembina APKASI Tito Karnavian dalam sambutannya mengatakan, kita bersyukur bahwa performance kinerja ekonomi Indonesia sangat terasa di dalam negeri dan diakui luar negeri.

“Ini terbukti pada indikator utama ekonomi kita tumbuh di angka di atas 5 persen. Angka sangat bagus jika komparasikan dengan negara lain,” kata Tito.

Uni Eropa, misalnya, kata Mendagri, dalam dua kuartal berturut/turut mengalami resesi. Artinya pertumbuhan ekonominya minus, bahkan ada yang zero poin seperti Jerman.

“Ekonomi Indonesia sangat baik sekali. Ekonomi Indonesia terjaga di atas 5 persen. Artinya ekonomi bergerak,” kata Mendagri.

Kemudian yang kedua, lanjut Tito, harga barang dan jasa yang ditandai angka inflasi. Di tahun lalu September mencapai 5,9 persen, namun dengan kerjasama dengan pemerintah daerah semua bergerak, angka inflasi menurun sampai 3 persen.

BACA JUGA :  Jangan Remehkan Ma’ruf Amin!

“Angka pertumbuhan dan inflasi kita sangat bagus, stabil. Stabilitas ekonomi dan pangan mampu menjaga stabilitas politik dan keamanan, apalagi di tahun politik ini,” katanya.

Pj Bupati Bombana Ir H Burhanuddin MSi (baju putih) didampingi Ketua TP PKK Bombana Hj Fatmawati Kasim Marewa S.Sos di stand Bombana di area pameran APKASI.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam arahannya mengatakan, Pemilu tahun 2024 adalah Pemilu serempak, yang terbesar dan paling kompleks sepanjang sejarah politik Indonesia.

“Pemilu serentak didesign untuk menciptakan pemerintahan yang stabil serta berjalan beriringan dengan perencanaan pembangunan nasional dan daerah,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Dia berharap para pemimpin kabupaten bersama perangkatnya sigap dalam menjaga stabilitas dan keamanan menjelang dan hingga pelaksanaan Pemilu dan pilkada tahun 2024.

“Tingjatkan koordinasi dan antisipasi potensi kerawanan yang mungkin muncul agar Pemilu dan Pilkada 2024 agar dapat berjalan lancar sehingga menjadi proses lahirnya pemimpin-pemimpin transformatif, pemimpin yang akan mengelola penyusunan kebijakan negara dan daerah agar mendapatkan kemaslahatan bagi rakyat,” beber Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres juga berharap Pemilu dan Pilkada 2024 mampu melahirkan pemimpin-pemimpin yang mampu menjaga komitmen dan mendorong otonomi daerah.

“Otonomi daerah dan desentralisasi adalah pilihan terbaik bagi negara dalam mengelola pemerintahan untuk mendekatkan pelayanan publik, mendorong pemerintah daerah, dan menghidupkan demokrasi lokal yang berkualitas,” kata KH Ma’ruf Amin.

BACA JUGA :  Masyarakat Bombana dan Pemimpin Perempuan

Usai pembukaan Rakernas XV dilanjutkan pada peninjauan arena pameran APKASI Otonomi Expo. Sebanyak 130 pemerintahan mendirikan booth atau stand di hall Nusantara ICE Serpong.

Dekranasda Bombana memerkan produk-produk lokal dan khas daerah. Dekranasda Bombana juga tampil dalam memperagakan kain tenun motif khas Bombana, yakni bergambar kepala kuda di sesi fashion show. (les)

Komentar