Megawati soal Capres PDIP: Urusan Gue

TILIK.ID — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar acara Puncak HUT ke-50 di JIExpo, Selasa (10/1/2023). Hadir Presiden Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin, Ketua DPR Puan Maharani, dan sejumlah menteri.

Pada acara puncak HUT ke-50 PDI Perjuangan itu, publik menunggu siapa nama figur calon presiden yang akan diumumkan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Namun sampai akhir pidatonya, Megawati tidak juga mengumumkan nama capres PDIP.

Megawati menyadari beberapa pihak menunggu PDIP mau mengumumkan capres. Namun presiden ke-5 RI itu enggan mengumumkan nama.

“Ngopo (mengapa), toh, yo, orang ini sebetulnya seremonial 50 tahun, karena ini yang ditunggu-tunggu kalau orang main taruhan sudah masang. Sing arep (yang mau) yang diumumkan Ibu sopo (siapa),” kata Megawati dalam pidatonya.

Ungkapan Megawati itu mendapat aplaus ribuan kader PDIP yang hadir. Meski begitu, Megawati langsung memberi reaksi tepuk tangan tersebut.

“Ya, nanti dahulu, memangnya aku, situ tepuk tangan, mau tergiur umumkan. Enggak,” kata dia.

Presiden Kelima RI itu mengaku sebagai pemilik mandat dari PDIP untuk menunjuk Capres 2024 dari partainya, akan menunggu waktu tepat memilih calon pemimpin Indonesia itu.

BACA JUGA :  Kekacauan Negara di Era Jokowi

“Iya, dong, kan, mesti keren, kan, saya ketum terpilih di kongres partai sebagai institusi tertinggi partai, maka oleh kongres partai diberikan, lah, ketum terpilih hak prerogratif siapa yang akan dicalonkan,” katanya.

“Sekarang nungguin, enggak ada, ini (nama capres) urusan gue,” kata Megawati. Dia menyebut capres PDIP berasal dari internal partai.

Pada kesempatan berpidato, Presiden Jokowi mengaku senang Megawati sebut capres PDIP dari kader sendiri. Meski tidak diumumkan, namun nama sudah ada di kantong Megawati.

“Saya sangat senang sekali tadi Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri menyampaikan bahwa calonnya (presiden) adalah dari kader sendiri,” kata Jokowi.

Jokowi yang merupakan kader PDI Perjuangan juga mengaku senang karena Megawati sangat tenang dan berhati-hati dalam memutuskan figur yang akan diusung sebagai capres pada Pilpres 2024.

“Bu Mega dalam memutuskan betul-betul sangat hati-hati, betul-betul tenang dan tidak ‘grusa-grusu’ seperti yang lain-lainnya. Didesak-desak dari manapun tidak goyah meski namanya sudah di kantong nya bu Mega,” ujarnya.

Jokowi mengajak seluruh kader PDI Perjuangan sabar menunggu nama yang akan disampaikan putri Presiden pertama RI Soekarno.

BACA JUGA :  Giliran Unpad Keluarkan Seruan, Kritisi Praktek Bernegara Jokowi

Menurutnya Megawati, yang juga Presiden kelima RI, pada saatnya nanti akan menyampaikan dengan perhitungan dan kalkulasi yang telah dibuat. (klm)

Komentar