Meski Menang di Laga Terakhir, Meksiko dan Tunisia Gagal ke Babak 16 Besar

TILIK.ID — Timnas Meksiko gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 meski mencatatkan kemenangan 2-1 atas Arab Saudi pada pertandingan terakhir Grup C di Stadion Lusail, Losail, Qatar, Kamis dini hari WIB.

Hal sama juga dialami Tunisia di laga terakhir Grup D. Meski menang mengejutkan dengan mengalahkan Prancis dengan skor 1-0 di laga pamungkas, Kamis dinihari.

Meksiko meraih tiga point namun tidak cukup membawa skuad El Tri lolos ke babak 16 besar karena kalah selisih gol dari Polandia yang kalah dari Argentina dengan skor 0-2.

Meksiko sempat unggul lebih dulu berkat gol yang dicetak oleh Henry Martin serta Luis Chavez, sebelum akhirnya Arab Saudi memperkecil ketertinggalan berkat Salem Aldawsari, demikian catatan FIFA.

Meksiko menduduki peringkat ketiga klasemen akhir Grup C dengan torehan 4 poin dari dua laga, sedangkan Arab Saudi berada di posisi juru kunci dengan raihan 3 poin.

Pada pertandingan ini Meksiko mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 61 persen penguasaan bola serta melepaskan 26 tendangan yang 11 di antaranya tepat sasaran.

BACA JUGA :  Virgil van Dijk: Belanda Layak Lolos ke Piala Dunia 2022

Tunisia menjadi tim keempat yang membuat kejutan besar setelah menumbangkan juara bertahan Prancis dengan 1-0 dalam pertandingan terakhir Grup D di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Rabu malam ini.

Ironisnya sukses besar ini tak bisa menghindarkan Tunisia tersisih dari Piala Dunia 2022 karena saat bersamaan Australia juga membuat kejutan dengan menjungkalkan Denmark 1-0 sehingga menjadi pendamping Prancis ke 16 besar.

Hasil kedua pertandingan ini juga tak mempengaruhi posisi Prancis sebagai juara Grup D dengan enam poin yang sama dengan Australia namun Les Bleus menang selisih gol.

Tunisia finis pada posisi ketiga dengan 4 poin setelah sekali menang, sekali seri dan sekali kalah, sedangkan Denmark yang difavoritkan menjadi pendamping Prancis dari grup ini ke 16 besar menduduki urutan terakhir dengan 1 poin setelah dua kali kalah dan sekali seri.

Pemain kelahiran Prancis Wahbi Khazri mencetak gol semata wayang dalam laga Prancis melawan Tunisia ini. (lms)

Komentar