Sumpah Deh, Anies Memang Luar Biasa!


Oleh: Isa Ansori
(Kolumnis, Tinggal di Surabaya)

MENJELANG masa berakhir tugasnya, Gubernur DKI Anies Baswedan menorehkan catatan-catatan penting untuk Jakarta.

Ibarat dalam Legenda Tangkuban Perahu dimana Sangkuriang harus mampu membuat perahu dan telaga dalam semalam, namun upaya itu digagalkan oleh Sang Ibu, Dayang Sumbi. Karena memang itu adalah perkawinan terlarang. Hal itu bisa terjadi karena memang Sangkuriang tak tahu bahwa wanita yang dicintai itu adalah ibunya sendiri.

Dengan kesaktian yang dimiliki, Sangkuriang sejatinya sanggup menyelesaikan itu, karena hasrat yang tidak baik, maka digagalkanlah kemampuan itu oleh sang bunda. Akibatnya dia marah dan menendang perahu hingga tertelungkup.

Penulis hanya ingin menggaris bawahi dalam legenda ini, Sangkuriang dengan kesaktiannya dan kesungguhannya, sejatinya mampu melakukan sesuatu yang dianggap mustahil oleh orang lain.

Anies memang bukan Sangkuriang yang punya kesaktian dan keturunan Dewa. Tapi Anies punya keluarbiasaan dalam mewujudkan gagasan menjadi kenyataan.

Itulah kelebihan seorang Anies Baswedan. Bekerja dalam kesunyian, tapi semua janji bisa dia tunaikan.

BACA JUGA :  SITUASI ANARKIS

Pembangunan JIS dan sirkuit Formula E adalah sebuah keajaiban, banyak para pembencinya berusaha mengganggu, mengecilkan bahkan meremahkan kemampuan Anies, kini akhirnya dibuat terperangah dan kagum. Tapi sayangnya dilampiaskan dengan cara cara yang tak beretika. Terus menerus berusaha mencari kesalahan Anies.

Anies memang luar biasa… Kesaktian yang lain adalah menjadikan Jakarta sebagai kota paling toleran.

Anies mampu mewujudkan kehidupan di Jakarta yang penuh dinamika dan keaneka ragaman suku, bangsa dan agama serta budaya, tapi Anies mampu mengajak mereka semua untuk bersama sama memiliki Jakarta dan menjaganya.

Anies perlakukan semua sama sesuai dengan proporsional yang ada, dan mereka bisa memahami semua. Pemberian bantuan operaional rumah ibadah tanpa terkecuali adalah wujud komitmen Anies terhadap persatuan dan kedamaian di Jakarta.

Pujian seorang pendeta dari Gereja Pentakosta yang mengatakan clear bahwa Anies adalah seorang nasionalis dan Gubenur yang bisa merawat toleransi, seolah menjadi tamparan bagi kelompok intoleran yang selama ini memutarbalikkan fakta.

Anies memang luar biasa…. Meski dihadapkan pada hujatan dan fitnahan, Anies tetap tersenyum dan santun menghadapi.

BACA JUGA :  JK Bisiki Anies soal Kriteria Cawapres di Acara Buka Bersama NasDem

Tak pernah ada kata balasan dari Anies, apalagi hujatan, Anies tetap fokus bekerja menunaikan janji-janji politik yang pernah dia sampaikan.

Menjelang masa berakhir tugas sebagai Gubernur Jakarta, Anies menorehkan lagi prestasi untuk Jakarta, mampu menyediakan layanan pembuatan KTP hanya dalam waktu 15 menit.

Layanan ini membuat decak kagum Kemendagri sambil berkata “saya sudah berkeliling lebih 400 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Namun ia mengaku hanya baru ada dinas kependudukan dan pencatatan sipil ( Disdukcapil ) DKI Jakarta satu satunya yang mendeclare layanan adminduk dalam waktu 15 menit”, ujar Sudan, Dirjen Dukcapil Kemendagri.

“ Saya jadi mengenal sumpah yang ketiga setelah Sumpah Palapa dan Sumpah Pemuda. Hari ini saya baru tahu ada sumpah lagi “Sumpah deh.. DKI Jakarta luar biasa”.

Sumpah deh… Jakarta memang luar biasa, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menunjukkan prestasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang meraih predikat Kepatuhan Tinggi Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dari Ombudsman Republik Indonesia.

BACA JUGA :  NasDem Tak Tertarik Bicara Siapa Cawapres Anies, Lebih Pilih Bahas Kriteria

Memang Jakarta luar biasa di tangan Anies yang memang luar biasa.

Ancaman bangsa ini sudah sangat luar biasa, korupsi, kolusi dan nepotisme sudah di luar kewajaran, bangsa dirundung perpecahan akibat ulah buzzer bayaran.

Tidak mungkin persoalan ini bisa diselesaikan oleh orang yang biasa-biasa saja, apalagi kerjanya hanya bikin sensasi dan pencitraan, minim prestasi. Ditambah lagi kerja dengan dukungan kekuasaan jahat dan oligarki.

Bangsa ini butuh orang kuat dan luar biasa untuk bisa menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi dan menjadi ancaman.

Tentu saja orang kuat dan luar biasa itu adalah Anies Baswedan.

Sumpah deh…. Anies memang luar biasa!

Surabaya, 23 April 2022

Komentar