Setelah Subang, Giliran Riau Deklarasikan Anies Baswedan Presiden 2024

TILIK.ID — Relawan pengusung Anies Baswedan untuk Presiden 2024 terus bergerak. Koordinator Presidium Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) La Ode Basir adalah sosok yang cukuo sibuk ke daerah-daerah untuk deklarasi.

Tiap minggu ada saja daerah yang mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Setelah Sabtu kemarin di Kabupaten Subang, hari ini, Ahad (27/3/2022) giliran DPW ANIES Riau yang mulai unjuk diri.

Deklarasi di Pekanbaru Riau itu dihadiri La Ode Basir sekaligus melantik jajaran pengurus DPW ANIES Riau. Basir didampingi Korwil Sumatera H ilham Pisang. Jajaran Pengurus DPW ANIES Riau yang dilantik dipimpin H Rinaldi, A.MD.

Dalam deklarasinya, Rinaldi mengatakan bahwa Pemilu Presiden 2024 memang mash cukup lama. Meski begitu, rakyat Indonesia perlu memeriksa dan menimbang calonnya sejak saat ini.

“Tujuannya adalah agar pilpres tidak didasari penilalan sekilas. Penilaian sekllas biasanya rawan polltik pencitraan dan “keterpaksaan” memilih calon yang
disodorkan oleh partai politik,” kata Rinaldi.

Menurutnya, kelompok masyarakat dan bahkan tiap warga negara sejatinya berhak menyebut nama dan memberi dukungan kepada siapa pun untuk menjadi Presiden. Sekalipun mekanisme pencalonan saat ini mash harus melalui partal politik.

BACA JUGA :  Ekonom: Jika Anies Presiden Ketimpangan Sosial Teratasi

“Kami menilai Anies Baswedan paling layak untuk menjadi calon Presiden dalam Pilpres 2024 dan selanjutnya menjadi presiden. Pertimbangannya,  didasari rekam jejak Anies Baswedan selama menjabat Gubernur DKl Jakarta dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,” katanya.

Anies Baswedan telah menunjukkan kinerja yang sangat baik, ditambah beberapa karakter yang kuat sebagai pemimpin.

Figur Anies Baswedan dapat diterima semua pihak dan golongan. Jauh dari
Isu bersifat SARA yang selalu dihembuskan oleh segelintir pihak tertentu.

“Selama empat tahun menjadi Gubernur DKl, Anies Baswedan berhasil memenuhi sebagian besar janji kampanye yang disampaikan pada Pilkada DKI 2017,” ujarnya.

Anies Baswedan juga terbukti mampu menjadi pemimpin yang sigap dan efektif ketika pandemi Covid-19 melanda dan berdampak sangat besar pada kehidupan masyarakat.

Bangsa ini, kata Rinaldi, tengah menghadapi tantangan besar. Di antaranya kondisi ekonomi paska pandemi, dinamika politik Indonesia, kemajuan teknologi yang
cepat, perubahan dunia yang makin cepat dalam bidang politik dan ekonomi, serta tantangan kondisi lingkungan hidup seperti perubahan iklim.

BACA JUGA :  Mengacu Hasil Survei, Relawan Optimistis AMIN Menang

“Tantangan tersebut membutuhkan Presiden yang memiliki kapasitas kepemimpinan yang besar dan intelektualitas yang tinggi. Dan kriteria itu terbukti dimiliki oleh figur Anies Baswedan,” katanya.

Karena itu, ANIES dari awal sudah mendukung pencalonan Anies Baswedan untuk maju berkompetisi di 2024 dan menjadi Presiden.

Pada kesempatan deklarasi, Korpres DPP ANIES La Ode Basir mengambil sumpah pengurus DPW Riau dan memberikan pengarahan. Bahwa tugas relawan adalah bekerja menaikkan elektabilitas dan popularitas Anies Baswedan. (lms)

Komentar