Survei Terbaru IPO, Elektabilitas Anies Kalahkan Prabowo dan Ganjar

TILIK.ID — Indonesia Political Opinion (IPO) mengungkapkan hasil surveinya dalam acara talkshow MNC Trijaya FM, pada Sabtu (26/2/2022). Hasil survei itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungguli Prabowo dan Ganjar Pranowo.

Survei IPO mengambil dua skema. Ketika skema lima nama, Anies berada di posisi teratas dengan persentase 24,6 persen, kemudian di posisi kedua, sosok Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas sebesar 23,9 persen, kemudian Ganjar Pranowo sebesar 19,2 persen.

“Di posisi keempat, sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 7,3 persen dan posisi kelima ada Ridwan Kamil sebesar 5,1 persen. Yang tidak tahu sebesar 19,9 persen,” ujar Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah.

Kemudian ketika menggunakan skema tiga nama, , posisi tersebut tidak mengalami perubahan, namun angkanya naik. Anies Baswedan 33,2 persen, Prabowo Subianto 31,3 persen dan Ganjar Pranowo 27,5 persen.

Survei IPO dilakukan pada periode 15-22 Februari 2022. Wawancara dilakukan melalui sambungan telepon kepada responden. Dari total populasi tersebut terdapat 7.200 responden yang memungkinkan untuk menjadi responden hingga terambil secara acak sejumlah 1.220 responden yang dijadikan informan dalam penelitian periode ini.

BACA JUGA :  AHY Silaturahmi dengan Prabowo: Gerindra dan Demokrat Banyak Kesamaan

Metode ini memiliki pengukuran kesalahan (margin of error) 2.90 persen, dengan tingkat akurasi data 95 persen. Setting pengambilan sample menggunakan teknik multistage random sampling (MRS), atau pengambilan sample bertingkat. (lgh)

Komentar