oleh

Bayern Munchen Loyo, Kalah Telak 4-1 dari Hoffenheim

TILIK.id, Jakarta — Dua gelar domestik dan dua gelar bergengsi Eropa yang direngkuh Bayern Munchen seperti ternoda oleh kekalahan telak 4–1 dari Hoffenheim. Dalam lanjutan pekan kedua Bundesliga itu, The Bavarian betul-betul dipermalukan oleh tim medioker Liga Jerman tersebut, Ahad malam (27/9/2020).

Bertandang ke Prezeron Arena, kandang Hoffenheim, Bayern Munchen seperti meremehkan tuan rumah. Striker utama The Bavarian Robert Lewandowski dicadangkan. Begitu juga pencetak gol tunggal di final Liga Champions Kinsley Coman baru masuk di babak kedua bersama Leon Goretzka.

Sementara Thomas Muller dan Serge Gnabry serta Alphonso Davies terlihat masih kelelahan pasca melakoni babak perpanjangan waktu di final Super Cup melawan Sevilla.

Melihat jalannya pertandingan, Bayer laksana kehilangan kekuatannnya ditinggal gelandang cerdik Thiago Alcantara. Praktis permainan Bayern menjadi kurang solid. Begitu mudah Alaba dan Jerome Boateng ditembus pemain-pemain lincah Hoffenheim.

Terbukti laga baru berjalan 16 menit, Bayern sudah kebobolan 1-0 oleh tendangan cungkil Ermin Bicakcik. Enam menit kemudian, Bayern Munich dibobol lagi oleh sepakan Munas Dabbur.

Bayern tak menyangka bisa kebobolan cepat. Namun melihat begitu gampangnya pemain Hoffeinheim merebut bola dari kaki skuad Bayern,  menjadi wajar pemegang quadruple itu kalah dalam determinasi serangan.

Ada harapan ketika Joshua Kimmich memperkecil kekalahan menjadi 2-1 setelah gol indahnya pada menit ke-36. Namun semangat pantang menyerah tim tuan rumah, membuat Bayern kesulitan mencetak gol lagi. Babak pertama berakhir 2-1 untuk Hoffenheim.

Di babak kedua, anak asuh Sebastian Hoeness kembali mengagetkan Muller dan kawan-kawan. Gol yang dicetak oleh Andreij Kramaric di menit ke-77 itu berkat sodoran kepala Ihlas Babou. Andre lepas kawalan Joshua Kimmuch dan bola melewati jangkauan kiper Manuel Neuer. Kedudukan menjadi 3-1.

Skor 3-1 makin memberatkan Bayern Munich untuk memenangi laga pekan keduanya itu. Masuknya Coman, Lewandowski, dan Leon Goretzka tidak
membantu memperkecil kekalahan.

Alih-alih membalas, anak asuh Hans Dieter Flick itu malah kembali kemasukan gol lewat eksekusi penalti. Bola lolos dari sergapan David Alaba, Manuel Neuer pun harus menghalau bola di kotak penalti dengan caranya. Akibatnya dia dihukum tendangan penalti.

Andreij Kramaric yang mengeksekusi penalti mengecoh penjaga gawang nomor satu Jerman Manuel Neuer. Gol di menit ke-90 mengakhiri laga dengan skor 4-1.

Dengan kemenangan itu, Hoffenheim langsung bercokol di puncak klasemen dengan enam point bersama Ausburg di tempat kedua. Bayern sendiri masih di posisi 6 klasemen dengan tiga point dari dua kali main. (klm)

Komentar